Marketer

Pengertian Marketing Secara Umum

Apa yang dimaksud dengan marketing? Pengertian Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk, baik barang ataupun jasa, dengan berbagai cara agar produk tersebut disukai dan digunakan oleh khalayak luas.

Ada juga yang menyebutkan pengertian marketing adalah perpaduan berbagai aktivitas yang saling terkait dimana tujuannya untuk mengetahui kebutuhan konsumen atau pasar. Dengan adanya informasi tersebut maka perusahaan dapat menciptakan atau mengembangkan suatu produk, harga, pelayanan, dan promosi agar kebutuhan pasar tersebut terpenuhi dan perusahaan mendapatkan keuntungan.

Dapat dikatakan marketing adalah penghubung antara produsen dengan konsumen pada suatu pasar. Artinya, kegiatan marketing tidak hanya terbatas pada pemasaran saja, namun juga termasuk semua strategi yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Pengertian Marketer

Sesuai namanya, Marketer adalah seorang yang fokus pada bisnis marketing atau pemasaran. Marketer biasanya berafiliasi dengan produsen, membantu mereka memasarkan produknya secara online. Para marketer bisa seorang bloger, penulis konten, buzzer media sosial, atau reviewer. Intinya, mereka membantu agar suatu produk dikenal lebih luas dan mencapai target yang diharapkan. Berpromosi juga menjadi bagian kerja seorang marketer. Untuk itu seorang marketer dituntut punya ide-ide cemerlang agar dapat melakukan terobosan di bidang marketing, serta koneksi yang luas.

Marketer online saat ini merupakan jenis bisnis online yang menggiurkan. Ada banyak bloger, reviewer, buzzer media sosial, yang bisa meraup belasan hingga puluhan juta rupiah setiap melakukan posting artikel atau tweet, foto atau video. Bahkan perusahaan raksasa selevel Google, Facebook, Twitter, mendulang keuntungan dari bisnis marketing online yang mereka tawarkan.

Sistem Kerja Marketer

Marketer mempunyai cara kerja yang tidak harus memiliki modal dalam menjalankannya. Orang yang posisinya sebagai Marketer hanya perlu mempromosikan dan memajang foto-foto yang diberikan dari supplier atau produsen kepada para konsumen. Marketer akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ditetapkan produsen dengan selisih harga jual.

Ketika ada pembeli, Marketer akan memberitahukan kepada supplier atau produsen bahwa ada yang melakukan pemesanan produk dan menginstruksikan kepada pembeli untuk melakukan transaksi pembayaran kepada supplier. Kemudian supplier atau produsen akan mengirimkan langsung barang yang dipesan oleh pembeli dengan identitas pengirim adalah nama supplier itu sendiri, karena Marketer hanyalah sebagai penghubung/perantara pemasaran produk.

Skema Sistem Marketer

 
Kelebihan Menjadi Marketer

  • Hampir tidak memerlukan modal (modal hanya untuk paket data internet)
  • Tidak harus melakukan stok barang, sebab barang sudah di stok oleh supplier atau produsen
  • Tidak membutuhkan tempat atau toko ketika berjualan. Sebab hanya memerlukan smartphone atau laptop untuk dapat berjualan
  • Mendapatkan keuntungan bersih dari selisih harga produsen
  • Tidak harus pusing masalah barang tidak habis atau tidak laku
  • Dapat menjual produk tanpa harus memikirkan gaji karyawan, produksi barang atau produk
  • Tidak perlu repot dalam proses pengepakan dan pengiriman barang ke pihak pembeli

Kekurangan Menjadi Marketer

  • Harus berhati-hari dalam memilih supplier atau produsen, carilah yang benar-benar jujur seperti Store ELGHAIDA cosmetics (elghaida.com)
  • Memilih supplier yang dapat dipercaya dan dapat memberikan kepastian bahwa supplier akan mengirim barang atau produk yang dipesan kepada pembeli, seperti Store ELGHAIDA cosmetics (elghaida.com)
  • Memilih supplier yang dapat dipercaya akan memberikan/membayarkan hak penghasilannya, seperti Store ELGHAIDA cosmetics (elghaida.com)

Sistem Pembayaran Penghasilan Marketer

  • Marketer harus memiliki akun Shopee dan ShopeePay yang aktif
  • Sistem pembayaran dilakukan dengan cara transfer, pembayaran dilakukan melalui akun ShopeePay
  • Sistem pembayaran lebih cepat dan aman dengan menggunakan akun ShopeePay

Materi terkait
Apa itu Dropship?